Selasa, 16 Agustus 2011

Tanggal 16 Agustus 2011

Tanggal 16 Agustus 2011
Hari ini opaku berulang tahun........... SELAMAT ULANG TAHUN OPA.... besok juga ada yang berulang tahun tapi aku tidak terlalu tertarik memberinya ucapan toh percuma juga dia tidak akan benar2 mengerti

Hari ini aku berencana menyusuri jalan kota makassar yang tumben hari itu mendung, makassar sejuk...
Beberapa tujuan perjalanan telah telah aku siapkan hari itu karena beberapa alasan, menemani oma mencari kado buat kado , menjenguk opa di rumah sakit, beli buku sketsa, pulang dengan selamat  dan tentunya MAKASSAR SEJUK

Tiba kita di tujuan pertama..
Yah di salah satu pusat perbelanjaan yg memang terkenal dengan banyaknya tersedia berbagai macam jenis alat komunikasi yang dapat digenggam dari berbagai merek, jenis, dan harga ini, saya menemani oma berkeliling mencari kado buat opa, mengunjungi berbagai counter, akhirnya di salah satu counter oma menemukan barang yang diinginkannya yg katanya pas buat kado opa.....
Kami pun keluar dari pusat perbelanjaan itu, MAKASSAR MASIH SEJUK

Menuju ke tujuan ke dua
Masih bersama oma, kami mmasuki area yang katanya Rumah Sakit ternama di Makassar, dengan view laut, yang mungkin di mata saya tak ada bedanya dengan Rumah sakit lainnya di manapun, coba pikir secanggih apapun fasilitas yang disediakan oleh RS di mana pun pilihannya cuman dua, pilihan yang tak serupa tapi hampir sama, yaitu SEMBUH dan PULANG, atau TAMBAH PARAH dan PULANG. Yah aku buang sejenak rasa tidak sukaku terhadap bangunan in, menuju lift yang di samping pintunya bertuliskan "LIFT INI UNTUK PASIEN, PERAWAT, DAN DOKTER" 
Tiba di lantai dua, kami menuju kamar tempat opa di rawat, yah kebahagiaan terpancar, suka cita tersebar, opa sejenak lupa terhadap sakitnya, "SELAMAT ULANG TAHUN OPA", kebahagiaan penuh di ruangan ini, bagian kecil dari bangunan ini.. Haah!!! aku suka moment ini tidak tempat terjadinya moment ini.
Setelah bahagia melihat senyum dari opa yang tegar tapi tak bisa lagi menutupi rentanya seperti dulu, aku beranjak keluar dari bangunan sialan itu, yang entah kenapa saat di dalamhawa panas sangat terasa, namun setelah melewati pintu untuk keluar dari bangunan itu, udara kembali membaik bahkan lebih baik dari sebelumnya, MAKASSAR MAKIN SEJUK

Beranjak ke tujuan ke tiga,
Aku sendiri kali ini, oma menjaga kekasihnya di bangunan sialan, aku berjalan mengitari kota, mencari sebuah buku sketsa, yah kebiasaan lama yang baru muncul, entah kenapa. Toko pertama yang aku singgahi toko buku yang AGUNG pada masanya tapi sekarang sudah mulai kehilangan tajinya, ini itu tak ada, buku sketsa yg aku cari2 pun tak menampakkan dirinya, yang aku lihat malah KOMIK MASA SD JADUL YANG MENCERITAKAN TENTANG NERAKA yang sering di ceritakan om ku padaku, yang membuatku kagum dari komik itu hanya rasa bingungku yang mulai membuatku berpikir di dalam imajiku "APAKAH PENGARANG KOMIK INI PERNAH KE NERAKA" haah! aku bergegas meninggalkan tempat itu sebelum aku berimajinasi lebih jauh. Beranjak aku ke toko buku yang juga AGUNG dan masih berjaya, sampai kapan? Entahlah, coba tanya waktu itupun kalau kau sabar menunggunya bicara. Di sini aku bertemu dengan buku sketsa, tak seperti gambaran awalku ttg buku sketsa yg ingin aku beli, tapi tak apalah, toh namanya juga buku sketsa, lalu keluar dari tempat itu yang sangat ramai berkerumun tapi udaranya sejuk,  tak seperti bangunan sialan itu, yah tak perlu membahasnya terlalu jauh.
Di luar aku di sapa setets air..  dari langit. Halo Hujan lama tak beretmu seandainya kau perempuan sdh kupeluk kau, sayangnya kau hanya setets air, pikiranku mulai menerawang dalam imaji ku lagi, aku tersadar oleh air yang awalnya setetes menjadi banyak, berapa banyak? Entahlah,
coba tanya waktu itupun kalau kau sabar menunggunya bicara.MAKASSAR SEJUK, MASIH SEJUK, MAKIN SEJUK, MAKASSAR HUJAN.........

Aku pulang ke rumah....
mengeluarkan buku sketsa dari plastik, buku tergeletak di lantai, aku bingung dan kembali ber imaji, aku ingin menggambar apa?? mencari inspirasi..berteman imajinasi...ditemaani suara sunyi,,, tunggu sunyi bukannya saat tak ada suara?? apa itu sunyi?? aku mulai menerawang lagi, di salah satu sudut rumah ini, yaah yang sedang "sepi", sejak oma menemani opa di bangunan siala itu. haah aku kehilangan ide dan semangatku,, aku menerawang,,, mataku tertuju ke alat penangkap momen digital yang biasa aku bawa kemana2, kulihat2 tak tahu kenapa aku suka melihat2 momen yg tertangkap pada benda itu padahal aku yang sendiri yg menggunakannya untuk menangkap momen, bahkan tak jarang aku juga terperangkap dalam momen. aku menemukan ide, dari momen, momen yang sebulan terakhir memang kulalui bersama sahabat2ku dari tempatku menuntut ilmu sekarang. aku melihat beberapa orang yang selalu berulang - ulang keberadaannya walaupun dalam momen yang berbeda, aku menemukan ide, aku akan menggambar beberapa orang yang sebulan terakhir ini terus ada di kotak penangkap momenku ini, yah yang aku gambar LADIES FIRST lah, aku tak bgt bersemanagt kalu harus menggambar laki, kenapa? entahlah, tak usahlah kita bertanya pada siapa-siapa..

AKU DI DALAM
BERTEMAN IMAJI
DIIRINGI SEPI
MENUANGKAN INSPIRASI

KOTA DI LUAR 
BERSAMA KERUMUNAN
BERTEMAN HUJAN
MENGUSIR TERIK YANG TELAH LAMA TERTAHAN


Ini bukunya...

Buku saya, ada namaku di sampulnya
 
Hasil gambarnya sementara cuman dua...

Gambar yang rencananya AMALIA ZUL HILMI

Gambar yang rencananya DIAH RACHMAYANTI




4 komentar:

  1. makasih banget yah bang,ini tuh 'sesuatu' banget :)
    tapi sy terlihat lebih chuby di gambar itu :D

    BalasHapus
  2. mantap bro, saya suka gayanya... ditunggu sketsa lainnya... i'm your big fans...

    BalasHapus